Nama : Dimas Armansyah 33114091
Deya Dwi Ariba 32114900
A.
Latar
Belakang
Perkembangan internet
menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia
maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan
individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Mobilitas
manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa
dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah
tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk
menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih
dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh
manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan
berhasil berbisnis di dunia maya.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Fitur – fitur E-commerce
I.
Bukalapak.com
Bukalapak merupakan salah satu pasar
daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan
jaringan toko daring ) yang dimiliki
dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan
jual-beli daring (online) dengan model bisnis consumer-to-consumer
(C2C ), Bukalapak
menyediakan sarana penjualan
dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka
toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh
Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan
ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru
maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai(gadget),
aksesoris gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan
rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
Fitur :
·
Notifikasi SMS setiap ada pesanan
Penjual akan
mendapatkan SMS (jaringan GSM) setiap ada pesanan. Penjual bisa fokus jualan
online tanpa buang-buang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
·
Feedback positif setiap transaksi sukses
Penjual akan
mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem walaupun pembeli tidak
memberikan feedback saat transaksi.
·
Kepastian menerima uang pembayaran
Penjual
langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan
barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
·
Prioritas di mesin pencarian
Setiap
halaman barang penjual telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization)
agar tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan
lainnya.
·
Perhitungan ongkos kirim otomatis. Penjual
tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem akan otomatis
menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli
II.
TokoPedia.com
Tokopedia.com adalah salah satu website E-commerce terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan).
Tokopedia.com adalah salah satu website E-commerce terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan).
Fitur :
·
JNE
Online Booking(JOB)
Untuk semakin memudahkan proses pengiriman, Tokopedia
mendukung sistem resi otomatis untuk pengiriman menggunakan JNE. Dengan fitur
ini, penjual tidak perlu lagi repot untuk memasukkan nomor resi secara manual.
Saat mengirimkan pesanan, penjual hanya perlu membawa kode booking yang
diterima saat pesanan masuk, dan nomor resi otomatis akan masuk ke akun penjual
maupun pembeli.
·
User
Management/Pengaturan Admin
User Management atau Pengaturan Admin merupakan fitur
berbayar yang disediakan oleh Tokopedia bagi Anda yang memiliki toko dengan
penjualan yang tinggi dan sering kewalahan mengelola toko sendiri. Dengan
menggunakan fitur ini, Anda bisa menambahkan beberapa orang (maksimal 10 orang)
sebagai admin toko Anda.
·
Tokopedia
TopAds
TopAds adalah fitur yang ditawarkan oleh
Tokopedia untuk mempromosikan toko ataupun produk dari toko Anda, serta
memungkinkan toko dan produk yang Anda jual dapat dilihat dan dibeli oleh lebih
banyak pembeli di Tokopedia.
·
Pusat
resolusi tokopedia
Pusat Resolusi adalah fitur yang disediakan
oleh Tokopedia untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara
pembeli dan penjual. Tokopedia menjamin keamanan transaksi Anda dengan menahan
dana pembayaran agar tidak langsung diteruskan ke penjual hingga masalah
selesai. Jika terjadi masalah dengan pesanan, pembeli bisa membuka Komplain
melalui Pusat Resolusi dengan menjelaskan pokok masalah dan menawarkan solusi
awal pemecahan masalah (pengembalian dana sebagian, tukar barang dan
sebagainya). Penjual yang aktif akan segera merespon komplain Anda. Namun jika
masih belum menemui solusi yang tepat, Anda bisa meminta bantuan kepada
Tokopedia dengan mengklik tombol "Bantuan" setelah 5 hari berdiskusi
dengan penjual.
·
Gold
Merchant
Fitur
tambahan berbayar yang kami sediakan untuk para penjual dan dapat memberikan
kemudahan bagi penjual dalam mengelola toko onlinenya. Fasilitas tambahan yang
tersedia jika berlangganan Gold Merchant ini antara lain: informasi toko fisik
pada katalog, perhitungan kurs dollar, penambahan admin untuk membantu
mengelola toko, shop notes di halaman produk dan halaman depan toko yang
memudahkan pembeli mendapatkan informasi tentang toko maupun produk Anda, serta
tersedia pengurutan produk berdasarkan "Gold Merchant".
C. Analisis
Menurut saya website yang lebih menarik dan berhasil
menerapkan e-Commerce yaitu www.tokopedia.com , karena di Tokopedia keamanan dan kenyamanan transaksi, baik penjual atau pembeli sama-sama diuntungkan,
calon pembeli tidak langsung transfer ke
rekening penjual tapi terlebih dahulu transfer ke rekening Tokopedia. Penjual lalu akan diberi
info bila ada order masuk. Setelah barang dikirim (via JNE), penjual memasukan no resi
JNE ke web Tokopedia. Ada system tracking otomatis di Tokopedia, jadi penjual dan pembeli bisa
sama-sama memantau posisi paket. Apabila barang telah diterima pembeli,
dan pembeli sudah konfirmasikan
penerimaan barang, baru deh penjual dapat tarik deposit uang hasil penjualannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar