Nama
Kelompok : Dimas Armansyah 33114091
Deya Dwi
Ariba 32114900
RIZKI MOBILKU
Anda adalah
seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari
kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda
untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang
tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan
“mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara
untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari
setiap peluang.
Satu hari ketika
Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku,
Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan
transaksi—ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya
untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku
mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya,
tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan
pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil
baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun
kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya
ini.
Soal
1. Berdasarkan kasus Rizki Mobilku,
jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses
menjadi informasi di Rizki Mobilku?
Jawab:
- Data adalah fakta mentah atau rincian
peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal
pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih
dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima.
- Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah
dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat
digunakan untuk pengambilan keputusan.
Data yang seharusnya jadi informasi :
-
Dealer
-
Pemerosesan transaksi
-
Mobil
-
manajerial
2. Apakah saran anda terhadap kasus
Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif ?
Jawab :
Seharusnya Rizki Mobilku memperbaiki system manajerial nya dan juga system
pemerosesan transaksi. Ketika memasukkan mobil baru seharusnya Rizki Mobilku
lebih sering sering menghubungi pemilik mobil minimal sebulan sekali agar
memiliki hubungan erat dengan pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar