Senin, 26 Januari 2015

4 Tahap Dasar Perencanaan

                                                  UNIVERSITAS GUNADARMA

                                                  TUGAS MANAJEMEN UMUM
                         MEMBUAT USAHA DENGAN 4 TAHAP DASAR PERENCANAAN






                                                      NAMA : DIMAS ARMANSYAH
                                                      KELAS : 1DB02
                                                      NPM     ; 33114091
                                                      USAHA PAKAIAN “DISTRO”

BAB I
PENDAHULUAN

  LATAR BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai macam toko pakaian. Maka kami tergerak membuat toko pakaian (distro).
Secara peribadi kami membangun usaha di karenakan kesukaan kami membuat desain gambar - gambar animasi dan apa lagi anak remaja sekarang banyak yang menyukai seperti kaos yang berdesain animasi (distro), maka kami memutuskan untuk membuat toko pakaian (distro), maka kami membuat desain animasi yang banyak peminat anak remaja sekarang, maka dari itu kami membuat desain animasi seperti tulisan dan gambar
Saya berfikiran untuk membuat toko pakaian (distro) karena jaman sekarang banyak anak remaja menyukai kaos yang berdesain animasi dan saya terfikir banyak anak band yang memakai pakain (distro) nah dari itu saya membuat toko pakaian (distro) dan kami membuat pakaian (distro) dengan harga terjangkau sesuai kantong anak - anak remaja

BAB II
ISI BUSINESS PLAN
  VISI DAN MISI
VISI
Menjadikan perusahaan toko pakaian (distro) yang terkenal dan bisa mengekspor keluar negeri
MISI
Menciptakan desaian – desaian yang terkenal
Memberikan harga yang cukup terjangkau kepada konsumen
Menciptakan Inovasi baru dalam bidang pakain (distro

  IDENTIVIKASI USAHA
Nama Usaha :  Neps Store
Pemilik Usaha :  Dimas Amansyah
Alamat Usaha :  JL.Belibis 4 No.18 Jakarta Timur
Contac Person :  021-8401650/085775166808


  RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam satu toko saja , tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan karena produk ini yang kami produksi dapat di nikmati oleh semua kalangan.
Tujuan Usaha :
Mendapatkan penghasilan
Memenuhi kebutuhan konsumen
Menggali bakat dalam hal berbisnis
2.4  RENCANA ORGANISASI
Manajemen : 1 Orang
Produksi : 3 Orang
Pemasaran : 2 Orang
Keuangan : 1 Orang
Dan tingkat pendidikan MIN Sekolah Menengah Atas

Kompetensi SDM :
CEO
Mengontrol memonitori semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan
General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan
Financial Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perushaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan
Productin Manajer
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan produk yang akan diperjual belikan
Marketing Manajer
Dapat mempromosika dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media






BAB III
ANALISIS USAHA
3.1  ANALISIS USAHA
Usaha kami bergerak dalam bidang pakaian ini karena hobi saya membuat desain – desain animasi dan saya menyukai kaos (distro), karena di Bandung banyak sekali pakaian (distro) dan banyak sekali kalangan remaja yang menyukai pakaian itu  .  Jadi kami sepakat untuk membuat toko pakaian (distro) .Awal di bentuknya perusahaan kami karena kami dapat melihat minat anak remaja menyukai pakain (distro) dan tidak anak remaja saja orang tua,anak kecil saja menyukainya dan dari itu saya membuat toko pakaian (distro) ini dengan harga yang terjangkau .Saya ingin sekali toko pakaian (distro) saya mempunyai banyak cabang dimana – dimana

3.2  MODAL USAHA
Modal Usaha kami berjumlah Rp.150.000.000 s.d Rp.200.000.000 yang berasal dari modal sendiri

3.3  KEISTIMEWAAN PRODUK
Harga cukup terjangkau untuk semua kalangan
Pakaian yang keren
Pakaian yang keren dan dapat diterima di kalangan anak remaja,anak kecil,dan orang tua


BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA

4.1  JENIS USAHA
Kami menjual pakaian (distro) ini dengan bahan yang kualitas yang bagus, kami menamakan usaha kami dengan nama Neps Store. Disini kami memproduksi pakaian (distro) mengutamakan anak jaman sekarang yang sangat sekali menyukai pakaian (distro) ini. Seperti pakaian kita memakai bahan yang sangat bagus dan sablon yang sangat berkualitas tinggi, kita ingin memuaskan para konsumen



4.2  PROSPEK USAHA
Prospek perusahaan kami untuk jangka panjang akan memperkenalkan produk kami ke wilayah yang lebih luas seperti di seluruh wilayah Jakarta dan di luar negeri. Sehingga akan banyak masyarakat yang mengetahui produk yang kami hasilkan dan juga kami mengusahakan agar produk kami bisa lebih dikenal lagi diluar daerah Jakarta. Dan mungkin kami akan pemasaran lewat online agar untuk mempermudah para konsumen jika ingin mengkonsumsi produk kami.

BAB V
RENCANA PRODUKSI
Target kami dalam satu bulan pakaian distro kami laku berat supaya kami bisa meakukan pakaian yang lebih baru lagi
4.3  BAHAN BAKU DAN PENGUNAANNYA
Bahan-bahan untuk membuat pakaian :
Mesin Jahit
Benang
Kain
Sablonan
Bahan lain-Lain :
Alat keamanan
Gantungan Pakaian
Lemari
Alat untuk pembayaran :
Mesin
Cara pembayaran              :
Melepaskan alat keamanan (magnet)
Lalu kasih ke kasir
Dan membayar
Cara menyusun pakaian :
Siapkan papan nama diantara pakaian yang baru dan yang lama
Dan bedakan diantara kaos dan kemeja atau celana

BAB VI
RENCANA PERMODALAN

6.1  MODAL USAHA
Modal Usaha  Mandiri : Rp.200.000.000
6.2  PENENTUAN HARGA PRODUKSI
Biaya bangun ruko : Rp.   120.000.000,-
Biaya listrik               : Rp.          500.000,-
Gaji karyawan                     : Rp.     17. 500.000,-
Biaya tidak terduka : Rp.           500.000,-
Total  beban                                    :            Rp.    138.500.000,-
Biaya bahan         : Rp.      30.000.000,-
Biaya bordir         : Rp.      30.000.000,-
Biaya brosur         : Rp.        1.000.000,-
Biaya operasional                           :             Rp.          500.000,-
Total biaya produksi                     :             Rp.      61.500.000,-

Biaya total Pokok Produksi Neps Store adalah : (Rp.138.500.000 + Rp. 61.500.000)=Rp.200.000.000,-

5.3  PENENTUAN HARGA JUAL
Harga pokok produksi  Neps Store adalah
Rp.61.500.000,- laba yang kami harapkan Rp.100.000,-
Sehingga harga jual Neps Store/unit adalah Rp.200.000,-/pcs

















BAB VII

RENCANA PEMASARAN
7.1ANALISIS PERSAINGAN USAHA
SWOT
STRENGTH
Bahan bakunya mudah di temukan
Barang yang kami tawar kan sangat berkualitas
Menggunakan bahan dan proses yang berkualitas
WEAKNESS
Banyak model yang sama dengan barang kami
OPPORTUNITIES
Banyak di sukai kalangan remaja dan orang tua
THREATS
Selera Konsumen Variatif
Munculnya Pesaing baru
Adanya jenis barang yang sama dengan barang kami







7.2ANALISIS 4P
PRODUCT
Type : Pakaian
Brand : Neps Store
Quality : Bagus dan terjamin
Packing : Tas plastik
PRICE
Price List : Rp.200.000,-/pcs
PROMOTION
Advertising : menggunakan media jejaring sosial
Sales Promotion : mempromosikan penjualan kepada
konsumen
Personal Selling : menjual kepada penjual secara
Langsung
PLACE
Berlokasi di JL.Belibis 4 No.18 Jakarta Timur wilayah Kramat Jati

BAB VIII
RESIKO DAN ANTISIPASI

9.1 RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA
1.  Harga bahan bahan yang selalu mengalai turun dan naik
2.  Adanya persaingan dengan usaha yang sejenis
3.  Tidak tercapainya terget produksi

9.2 ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA
1.  Memiliki tempat langganan untuk memuat pakaian
2.  Selalu memberi hasil yang terbaik
3.  Memeriksa sebelum membeli
4.  Setiap hari di lakukannya  penulisan data penjualan




BAB IX
PENGEMBANGAN USAHA
        Untuk kedepannya usaha kami akan lebih maju lagi dan terutama produk kami akan membuka cabang Distro di daerah dan dimana-mana. Dan produk kami akan saya kembangkan seperti saya membuat gambar-gambar yang lebih menarik lagi, pasti anak remaja akan tertarik dan orang tua. Saya harap produk kami akan lebih maju lagi

BAB X
KESIMPULAN
Harapan saya untuk usaha “Distro” ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengembangkan kesimpulan:
Seorang  pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga
Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran yang akan dituju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar